Rabu, 09 Agustus 2017

Putih Hitam, Lagi


Hari Selasa, kami berangkat sekolah sebagaimana biasanya. Memakai kemeja putih. Sesuai anjuran Kemenag, atasan putih dengan bawahan gelap.

Dan ini sudah berjalan cukup lama. Aku kira sekarang memakai pakaian seperti itu sudah menjadi hal yang lazim di masyarakat, sebagai seragam pegawai di bawah Kemenag. Namun ternyata, saat kami bertemu dengan penjual makanan di pasar, beliau menyapa kami, "KKN ya, Mbak?" Ha?! "Mboten, Bu." jawabku cepat. 

Jadi ternyata asumsi masyarakat tentang kemeja putih belumlah berubah. Ya, kemeja putih me'muda'kan kami. Kok? Iya, setua ini masih aja dibilang anak KKN. :D


Dulu pernah posting yang serupa di tumblr, Putih Hitam dan Kata Mereka 

Rabu, 07 Juni 2017

Nikmat Manakah yang Kamu dustakan?

Pekan kemarin aku sempatkan untuk pulang. Lebih tepatnya sih bolos, karena memang belum libur. Sudah lamaaa banget engga menyapa kampung halaman. Membuatku rindu pada segala hal yang ada di sana. Rindu pada suasananya nan damai, rindu pada kehangatan para tetangga, rindu celoteh anak-anak kecil yang kerap datang ke rumah. Dan rindu yang paling besar adalah rindu pada keluarga.

Sabtu, 15 April 2017

Batik Left Me in Soetta


 Kamis, 24 Maret 2017. Pukul 09.00

Syalala... mari pulang. Alhamdulillah urusan Bogor sudah selesai. Salatiga menanti. Ehehe..
Oke, kami berempat (Aku, dek Ria, pak lik, dan bu lik) bertolak ke Bandara Soekarno Hatta diantar Pak Budi, sopir yang menemani kami selama di Bogor. Awalnya, jalanan kota Bogor lancar. Karena hari itu angkot kembali mogok. No angkot = no macet. Mungkin ini slogan yang cocok untuk kota Bogor. Konon, yang bikin Bogor macet adalah karena sangking banyaknya angkot yang beroperasi. Faktanya? Entahlaah... yang jelas, kota Bogor adalah kota termacet nomor satu di Indonesia. 

Selasa, 11 April 2017

No Signal

Saat ini, era bahwa everything connected by internet. Apa-apa semuanya serba internet. Rapat aja, sekarang ngga perlu tuh kumpul di suatu ruangan dengan suguhan bermacam snack, kemudian bahas suatu bahasan. Ngirit? Bisa jadi. Hehe..
Karena, sekarang kita bisa rapat kapan saja, di mana saja. Yaa, tapi selama posisi kita tetap terkoneksi oleh internet.

Netbuk baru

Alhamdulillah. Aku hari ini bahagia. Why? Pasti ada sebabnya dooong. Yuhuuuu..., karena aku punya netbuk baru. Yeayyy... lebih bagus dari yang kemarin. Lebih gede juga.

Semoga kehadirannya membawa berkah. Aamiin

Oiya, netbuk yang lama aku kasih ke Rifatul. Semoga dengan wasilah amal baik itu, Engkau menjadikan netbuk ini semakin berkah. Menghasilkan karya, novel-novel best seller dan mega best seller. Aamiin ya Allaah...

Senin, 10 April 2017

Wali Songo, JKT25

10 April 2017

Ya, ini adalah salah satu hari paling menegangkan yang kami lalui. Ada apa gerangan?
Setelah segala daya dikerahkan, hari ini kemampuan mereka, anak-anak kami diuji. Ilmu-ilmu yang sudah dijejalkan oleh asatidz ke benak mereka dipertanyakan. Mampukah mereka menunjukkan kepada dunia bahwa mereka sudah benar-benar menguasai ilmu yang mereka rengkuh di bumi Manista? Let’ see...

Sabtu, 11 Maret 2017

[Santri] Kalau Uang Habis

Well, menunggu adalah suatu yang menjemukan. Membosankan. Termasuk menunggu anak-anak ujian, ngawas. Ada beberapa anak yang ‘sudah tak nyaman’, mungkin ia sudah selesai mengerjakan ujian.

Rabu, 22 Februari 2017

Flu, Pengingat Diri pada Rabb

Subhanallah walhamdulillah. Semua anggota badan ini masih peka, merasakan ngilunya flu. Hidung meler, mata dan wajah rasanya panas, pun seluruh anggota tubuh tak enak rasanya.

Sudah 2 hari berlalu, namun tak kunjung reda. Allahu Akbar! Dosaku yang terlalu banyak ini Ia lunturkan melalui flu yang aku derita.

Flu ini bukti kasih sayangNya kepada hamba yang kurang syukur atas kesehatan yang Ia beri. KaruniaNya bukan aku syukuri, melainkan aku salah gunakan. Aku sering lalai terhadap perintah-perintahNya. Aku sering abai terhadap larangan-laranganNya.

Ya Rahman, saat ini, aku sadar. Engkau begitu mencintaiku. Tak rela Engkau saksikan hambaMu terus bergelimang dosa. Engkau bersihkan melalui flu ini.

Fabiayyi alaairobbikuma tukadzdzibaan!
Alhamdulillah. Alhamdulillah. Alhamdulillah.

Sabtu, 18 Februari 2017

Jodoh? Emang Urusanmu?

"Eh si A nikah lho sama si C."
"Dulu dia ngajakin ta'aruf si B. Tapi si Bnya ngga mau."
"Sukurin lah, sekarang si B ditinggal nikah."

Well! Sering ya denger orang bilang gitu.

Kamis, 16 Februari 2017

2 Pesanku Untukmu

Akhir pekan kemarin hariku rada sibuk gitu. Ceileeh....! Ga boong kok. Terhitung sejak hari Jumat. Penasaran? Oke, I'll let you know...

Rabu, 25 Januari 2017

Berkah Silaturrahim

Menyambung tali silaturrahim salah satu yang diperintahkan oleh Allah melalui Rasulnya, bahkan disandingkan dengan perintahNya untuk bertaqwa kepadaNya. Ittaqullaha washiluu arhaamakum “Bertaqwalah kepada Allah, dan sambunglah tali silaturrahim diantara kalian.” (HR. Ibnu ‘Asakir)

Jumat, 20 Januari 2017

Paku : Allah Loves You, Wiwin!

“Ibu, mie goreng pake telor ya.” Pintaku pada petugas kantin pagi itu. Usai ngajar di jam 1-2, dan paginya belum sempat sarapan wajar jika perutku semakin berontak. Dan pergi ke kantin lalu sarapan adalah pilihan terbaik yang harus aku ambil.

Selasa, 10 Januari 2017

Daron

Lima tahun silam, saat aku mengunjungi rumah mbak Ida di Jepara, hanya ada kura-kura yang saat ini sudah lumayan besar yang masih di taruh di tempat yang sama, di bawah jemuran belakang. Namanya kura-kura, mau dibuat mainan kayak gimana? Palingan diliatin aja, kan?

Senin, 02 Januari 2017

REUNI

Rindu. Memiliki keinginan yang kuat untuk bertemu (KBBI QTmedia). Begitulah yang kita rasa ketika berpisah dengan orang-orang yang telah mendapatkan bagian di hati kita. Entah kebersamaan itu lama atau tidak, suatu saat pasti akan ada keinginan untuk berjumpa kembali, bercengkerama bersama, berkisah bersama, dan yang paling menarik adalah menceritakan kembali tentang apapun yang dulu kita lalui bersama, nostalgia. Dan liburan, adalah saat yang tepat untuk menyambung rasa itu. Aku pun tak ingin menyia-nyiakan ajakan teman-teman [lama] untuk mengadakan reuni.