Selasa, 20 Desember 2016

Curhat Calon Penulis


Well, aku sekarang sudah tergabung dalam komunitas menulis. Melanjutkan mimpi sejak lama, menjadi penulis. Aku sangat berharap, dengan keikutsertaanku dalam event ini akan memotivasiku untuk semangat menulis, dan akhirnya menjadi penulis.


Awalnya, simple. Sejak SMA aku mulai gemar membaca, tertular kebiasaan teman-teman di asrama. Pun kota Solo memfasilitasi penduduknya dengan event bazar buku yang mungkin 2 atau 3 bulan sekali. Hal itu membuat aku, yang dulunya tidak pernah memiliki buku, mendadak hobi mengoleksi buku. Alhamdulillah positif.

Selain itu, aku yang saat itu menjadi perantau, mulai terbiasa menulis diary. Menuliskan tentang berbagai hal. Tapi kayaknya ngga pernah menulis tentang cowok. Dan juga bukan tentang hal-hal buruk kok. Hehe...

Tambahkan di sekolahku sering mengadakan seminar, dan juga bedah buku. Saya masih ingat waktu itu mendatangkan ustadz Yusuf Mansur -dulu belum seterkenal sekarang-, ada juga Pipiet Senja, dan juga ustadz Habib –kakak kelas jauuuuuh-. Beliau-beliau berbagi ilmu menulis kepada kami para siswa. Oiya, di sekolahku juga ada ranting FLP, mbak Ije, mbak Afra, mas Furqon, mbak Fida, dan lain-lain sering berkunjung ke sekolahku berbagi ilmu kepenulisan.

Dari situlah saya mulai tertarik dengan dunia tulis-menulis. Dan berkeinginan untuk menjadi penulis. Namun, action-nya NOL! Blog pun beberapa kali dibuat, gonta-ganti. Hanya aktif di awal, setelah itu lupa. Dan kalau sudah lama tidak menulis, akhirnya terserang white paper syndrome. Sudah berlama-lama di depan laptop, sayang tak ada satupun kalimat yang ditulis.

Sekarang, cita-cita itu saatnya diwujudkan. Semoga MMO yang dimentori langsung oleh mas Brili Agung –yang aku tahu karena nonton ILC, hehe- yang sudah menulis 24 buku, sebentar lagi 25 buku, dan juga authormaker yang berhasil mementori 510 penulis Indonesia (data terakhir hari ini) menjadi jembatan untuk meraih cita-citaku. Aamiin

Oh iya, di MMO ini, programnya adalah menyelesaikan penulisan buku selama satu bulan. Aku dicoaching langsung oleh mas Brili. Setiap hari harus mengerjakan PR minimal menyelesaikan tulisan 4 halaman. Dan setiap hari diberikan feedback. Selain itu ada juga PR mingguan; membuat premis, deklarasi, membuat mind mapping, sinopsis, membuat online, dan yang terakhir editing naskah.



-----bersambung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar