Kamis, 19 Februari 2015

Galau, Surat Yusuf Obatnya

Ditemani lantunan Surat Yusuf syeikh Misyari Rasyid yang merdu. Dengan mata yang masih terus berpenjar. Aku ingin sedikit berbagi. Agar tak selalu cerita geje dan konyol yang ada di blog ini. Hehe... 


Teringat sebuah kisah dalam sebuah buku yang bulan lalu aku beli di Islamic Book Fair Solo, buku karangan ustadz Zulfi Akmal. Dalam buku tersebut beliau menulis sebuah kisah yang menceritakan tentang Surat Yusuf. Sehingga, akhir-akhir ini aku sering membaca atau mendengarkan surat tersebut.

Sebenarnya ada apa sih dengan Surat Yusuf? Ya dalam buku dikisahkan bahwasannya Surat Yusuf adalah obat galau. Jadi, sedang galau nih? Dibilang iya, ngga juga. dibilang engga, sebenarnya iya. Loh?! Haduh... yang begini ini juga termasuk galau, bukan, ya?
Abaikan!

Dijelaskan dalam kisah tersebut, kenapa Surat Yusuf menjadi obat galau? Karena Surat Yusuf, di antaranya; satu, diturunkan saat Nabi Muhammad SAW sedang mengalami kesedihan yang sangat, yaitu karena istri beliau dan paman beliau wafat, ‘aamul huzni. Ketika beliau merasakan kesedihan, beliau membaca surat ini, dan Allah pun hilangkan rasa sedih pada diri beliau. Dua, dalam surat tersebut diceritakan Nabi Yusuf AS mengalami berbagai macam cobaan, dan dengan kesabarannya beliau dapat melewati cobaan demi cobaan tersebut. Tiga, karena di dalamnya terdapat berbagai macam perasaan Nabi Yusuf AS; cinta, sedih, bahagia, keputusasaan, dan sebagainya. 

Dan yang tidak kalah penting, dalam surat tersebut terdapat ayat yang banyak syeikh menangis ketika membacanya.
 إنما أشكوا بثي وحزني إلى الله
 Hanya kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku. (QS Yusuf: 86)

Hasbunallah wani’mal wakill..

Disarankan dalam kisah tersebut, ketika kegalauan ataupun kesedihan menimpa, agar kita membacanya dua kali. Insya Allah Ia akan meringankan kesedihan dan menghilangkan kegalauan yang sesakkan dada. So, no more galau, just recite surah Yusuf! Wallahu a’lam..

Asrama, 00:48

Tidak ada komentar:

Posting Komentar